Detail Repositori

Abstrak
Pendidikan karakter Hindu adalah suatu usaha menanamkan nilai-nilai pokok dan luhur ajaran agama Hindu ke dalam diri siswa melalui penanaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam sikap, dan pengamalan dalam bentuk prilaku yang baik dalam rangka mengembangkan karakter yang diidealkan oleh agama Hindu. Potensi Pasraman dalam menanamkan pilar-pilar pendidikan karakter bangsa dapat dibuktikan dengan banyaknya keterkaitan antara kegiatan Pasraman Seruing Dewata dengan pilar-pilar pendidikan karakter Hindu yang terungkap dalam susastra Hindu perlu dikaji lebih mendalam sehingga terbentuk insan yang mulia. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Strategi pembelajaran Muatan Pendidikan Karakter Hindu Pada Pasraman Non Formal di Tabanan Kabupaten Propinsi Bali? (2) Muatan Pendidikan Karakter Hindu apa sajakah yang diberikan dalam Sistem Pembelajaran Pada Pasraman Non Formal di Tabanan Kabupaten Propinsi Bali ?(3) Apakah Implikasi Muatan pendidikan Karakter Hindu Dalam Sistem Pendidikan Hindu pada siswa Pasraman Non Formal di Kabupaten Tabanan Propinsi Bali?Teori yang digunakan menganalisis masalah penelitian ini adalah: Teori Teori Strukturasi,Teori Humasistk, Teori Pendidikan Karakter, dan Teori Struktur Generatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi tidak berperan serta yang berstruktur, teknik wawancara tak berstruktur, dokumentasi, dan studi kepustakaan.Selanjutnya data tersebut diolah dengan analisis deskriptif kualitatif dan interpretative. Dari analisis data menemukan : (1) Sistem Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Pasraman di Kabupaten Tabanan melalui Sad Dharma, Dasa Dharma, dan Strategi Pelatihan Pengembangan Diri. (2) Muatan Pendidikan Karakter yang diajarkan meliputi 18 karakter Bangsa meliputi: Religius; Jujur; Toleransi; Disiplin, Kerja Keras; Kreatif; Mandiri; Demokratis;) Rasa Ingin Tahu; Cinta Tanah Air; Menghargai Prestasi; Bersahabat/Komuniktif; Cinta Damai; Gemar Membaca; Peduli Lingkungan; Peduli Sosial; Tanggungjawab; Dan 52 butir nilai-nilai karakter yaitu: bekerja keras, memikul resiko, berdisiplin, beriman, berhati lembut, berinisiatif, berpikir matang, berpikiran jauh ke depan, bersahaja, bersemangat , berpikir konstruktif, bersyukur, bertanggungjawab, bertenggang rasa/toleransi, bijaksana, cerdik, cermat , dinamis, , gigih, hemat, jujur, berkemauan keras t kreatif, kukuh hati, lugas, mandiri, mawas diri, menghargai karya orang, peduli sosial, menghargai kesehatan, menghargai waktu, pemaaf, pemurah/kedermawanan, pengabdian, pengendalian diri, produktif, rajin, ramah tamah, kasih sayang (cinta kasih yang sejati), rasa percaya diri, rela berkorban, rendah hati, sabar, setia/ketabahan hati, sikap adil, sikap hormat , sikap tertib, sopan santun, sportif, susila, tangguh, dan tegas. (3) Implikasi Muatan Pendidikan Karakter Hindu Terhadap siswa Pasraman di Kabupaten Tabanan adalah (a) Penguatan Terhadap Religiusitas, (b) Penguatan Hidup Harmonis berlandaskan Tri Hita Karana, (c) Menguatnya Ikatan Persaudaraan (Menyama Braya), (d) Menumbuhkan sikap tanggung jawab (Tanggung Jawab terhada diri sendiri,Keluarga, dan Masyarakat,(e) Menumbuhkan Prilaku Mandiri,(f) Membangun Sikap Kerja Sama, (g) Tumbuhnya Rasa Percaya diri, (h) Menguatnya Sikap Demokratis, (i) Menguatnya Kedisiplinan, (j) Menguatnya Rasa Hormat Menghormati, (k) Menguatnya Sikap Kejujuran, (l) Menguatnya Rasa Empat

Keywords

Jenis Repostori
Penelitian
Nama Jurnal

ISSN
Tanggal Terbit
14 June 2020

Volume
ISSUE

File Repository
Download File Repository