Detail Repositori

Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang ditekankan pada pengembangan aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di SMA Negeri 1 Pekutatan. Studi ini menekankan pada: mengidentifikasi kompetensi Inti dan kompetensi dasar yang tepat dalam mengembangkan, mengidentifikasi thema dan sub thema, model dan pendekatan, dan jenis-jenis assesment yang tepat untuk dikembangkan di mata pelajaran Agama Hindu yang berdasar pada pengembangan karakter. Teori yang digunakan untuk membedah permasalahan dalam penelitian ini adalahteori belajar Psikologi sebagai Paradigma Pendidikan Humanis oleh Ausubel, dan teori k Teori Belajar Kognitif Sosial dari Albert Bandura, dan Teori Perubahan Sosial oleh Jean Piaget. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D yang dimulai dengan men survey untuk identifikasi masalah sampai revisi model. Data yang didapatkan dengan melakukan survey menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Pengembangan aktivitas pembelajaran divalidasi oleh ahli yang memiliki latar belakang pendidikan, budaya dan juga pendidikan pengembangan karakter. Analisis data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menjelaskan ”Real Finding”. Hasil dari studi ini adalah pengembangan aktivitas model pembelajaran pendidikan agama Hindu menjadi valid dan efektif dan Implikasi dari pengembangannya. Dengan menyertakan pendidikan pengembangan karakter, dapat membantu siswa untuk mengembangkan karakter siswa lebih awal. Aktivitas pembelajaran di desain untuk mengembangkan karakter siswa SMA dalam mata pelajaran Agama Hindu di SMA Negeri 1 Pekutatan. Hasil yang diperoleh dari penilaian ini adalah: pendekatan pembelajaran nilai yang menyisipkan nilai karakter dapat membantu mengembangkan kepribadian dan karakter siswa sejak dini serta dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran yang berimbas pada makin dalamnya penanaman nilai, penalaran moral, analisis nilai dan pemahaman budaya spiritual. Sedangkan imlikasi nya adalah

Keywords
Model Aktivitas pembelajaran, Pendidikan berkarakter

Jenis Repostori
Penelitian
Nama Jurnal

ISSN
Tanggal Terbit
14 June 2020

Volume
ISSUE

File Repository
Download File Repository