Detail Repositori

Abstrak
Di tahun politik media sosial kian diminati oleh para kandidat sebagai media komunikasi politik. Intensitas penggunaan media sosial tidak hanya jelang masa kampanye politik, namun sudah dilakukan sejak awal menyusun rencana program kerja strategis. Itu disampaikan Komunikolog dan Akademisi Ilmu Komunikasi di IHDN Denpasar Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos.,M.Si. belum lama ini di Denpasar. "Kandidat yang cerdas memanfaatkan media sosial dalam pemetaan situasi politik sejak awal bahkan mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum memutuskan untuk tampil dalam perhelatan politik. Media sosial merupakan media komunikasi politik yang masih efektif dalam menyusun strategi politik, rencana kerja logis yang akan ditawarkan dan diseminasi pesan politik melalui kampanye politik", jelasnya. Menurut Hendrawathy, bagaimana efek media sosial yang begitu dahsyat, sebenarnya sudah sejak dulu diprediksikan oleh pakar atau ilmuwan yang terkait. Salah satu teori dalam ilmu komunikasi yang mengupas tentang efek new media adalah The Media Equation Theory yang dikemukakan oleh Byron Reeves dan Clifford Nass dalam karya mereka yang berjudul "The Media Equation, How People Treat Computer, TV, and New Media Like Real People and Place?".

Keywords
tahun politik, media sosial, komunikasi politik

Jenis Repostori
Koran / Majalah Populer
Nama Jurnal

ISSN
-
Tanggal Terbit
28 June 2018

Volume
01
ISSUE
01

Link File
http://www.baliekbis.com/tahun-politik-eksistensi-medsos-media-komunikasi-politik/