Detail Repositori

Abstrak
Penelitian yang berjudul “Eksistensialisme Budaya dan Sikap Adaptif Penyuluh Agama Hindu dalam Pembinaan Pendidikan di Pasraman Lombok Barat”, pada intinya ingin mengkaji fenomena budaya dan sikap penyuluh agama dalam pembinaan pendidikan di pasraman Lombok Barat untuk meningkatkan lebih dewasanya masyarakat dalam aktifitas keagamaan. Nusa Tenggara Barat merupakan Provinsi yang ada di Indonesia, perlu peningkatan Sumber Daya Manusia di berbagai bidang, terutama dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan non formal yaitu pembinaan pendidikan pasraman. Sesuai dengantujuan pendidikan nasional, yakni mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermanfaat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, cakap kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggungjawab, pasal 39, ayat 1 (Sisdiknas No 20 Tahun 2003). Fenomena menunjukkan adanya kesenjangan antara apa yang seharusnya merupakan harapan (das sollen) yaitu menjadikan anak didik untuk menjadi dewasa dalam pemahaman dalam ajaran agama dan meyakini terhadap sumbersumber ajaran agamanya melalui pembinaan pendidikan di Pasraman oleh tenaga penyuluh, dengan apa yang secara nyata yang terjadi dalam masyarakat (das sain) yaitumenunjukkan bahwa pembinaan penyuluh terhadap pasraman di Lombok Barat dalam memberikan pelayanan pendidikan belum berjalan maksimal. pertama, proses pembinaan di Pasraman, khususnya tentang pembinaan pendidikan Pasraman berjalan seadanya dalam arti belum berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah. Kedua,sikap penyuluh Kementerian Agama terhadap pembinaan belum memadai, sehingga masalah pembinaan tidak bisa berjalan maksimal, terbukti dengan fakta di lapangan dapat kita lihat dari jadwal kehadiran penyuluh.Ketiga, faktor tingkat kualifikasi pendidikan penyuluh di Kementerian Agama NTB, khususnya Bimas Hindu hampir 80% masih tidak memenuhi syarat dalam memberikan pembinaan terbukti dengan banyaknya penyuluh dalam memberikan pembinaan di pasraman Lombok Barat memilki, bukan tamatan S 1 Penerangan Agama Hindu, bahkan banyak pula tamatan SMA, maka peneliti tertarik untuk menelitinya dengan tiga permasalahan pokok. (1) Bagaimana budaya penyuluh Agama Hindu dalam memberi pembinaan di pasraman Lombok Barat? (2) Bagaimana sikap adaptif penyuluh agama Hindu dalam memberi pembinaan di pasraman Lombok Barat? (3) Bagaimana implikasi budaya dan sikap adaptif penyuluh agama Hindu terhadap kepuasan masyarakat dalam menerima pembinaan pendidikan dipasrman? Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan diskreptif kualitatif, yaitu dengan observasi langsung ke lokasi yang menjadi objek penelitian ini, yaitu pasrman di Lombok Barat.Dalam usaha mengembangkan teori berdasarkan data lapangan, metode observasi (pengamatan) juga digunakan dalam penelitian ini, disamping metode wawancara yang mendalam dan studi dokumen, sehingga ada peluang untuk melakukan pengecekan data secara silang (triangulasi).Dengan demikian akurasi data atau keabsahan data menjadi lebih terjamin. Selanjutnya,untuk memecahkan permasalahan penelitian diatas, digunakan beberapa teori yang relevan seperti; teori Fungsional Struktural, teori Motivasi- Higiene, dan teori Pembelajaran. Berdasarkan pemahaman dan metode penelitian diatas maka dapat disimpulan bahwa budaya dan sikap adaptif penyuluh agama Hindu dalam pembinaan pendidikan dipasraman tidak bisa lepas terhadap peningkatan kualifikasi pendidikannya bagi tenaga penyuluh yang turun dalam pembinaan pasraman ke mayarakat. Temuan di lapangan juga menunjukkan bahwa selain budaya dan sikap bagi penyuluh dalam pembinaan pendidikan di pasraman Lombok Barat, ada beberapa faktor yang sangat penting seperti; peningkatan pendidikan bagi penyuluh, sehingga metode pembinaannya akanlebih bermutu. Pembinaan pendidikan yang dilakukan penyuluh di pasraman melalui berbagai proses, seperti; tersedianya pasilitas belajar, perekrutan calon siswa dari tingkat SD sampai SMP, penetapan jadwal belajar, persiapan proses belajar, dan samapai pada evaluasi hasil belajar.

Keywords
budaya, sikap adaptif penyuluh agama Hindu dalam pembinaan pendidikan

Jenis Repostori
Penelitian
Nama Jurnal

ISSN
Tanggal Terbit
08 October 2018

Volume
ISSUE

File Repository
Download File Repository